SPORTO ENTERTAINMENT
image source of klinikginekologi.net

Penyebab dan Cara Mengatasi Beser dengan Aman

Beser adalah keinginan untuk buang air kecil yang nggak ada habisnya. Sesorang yang mengalami beser bisa buang air kecil lebih dari 8 kali setiap harinya. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi beser

SPORTONEWS.ID  Sering buang air kecil atau kencing atau beser dalam ilmu kedokteran disebut ikontinensia ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita terutama pada wanita yang sedang hamil atau tinggal di daerah yang dingin.
Buat sebagian orang yang sering beser tapi hanya sedikit-sedikit atau beberapa tetes saja hal ini tidak terlalu merepotkan seperti halnya yang besernya selalu banyak.
Sering beser ini harus anda waspadai karena biasanya kondisi seperti ini disebabkan adanya indikasi penyakit dalam tubuh terutama diabetes melitus serta pembesaran prostat.

Penyebab Sering Kencing

Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan terganggunya organ tubuh yang dapat mengontrol pembuangan air seni.
Penyakit-penyakit tersebut adalah diabetes, infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, prostatitis akut, pembesaran prostat jinak yang umum terjadi pada pria diatas 40 tahun, stroke, radang kandung kemih serta penyakit neurologis lainnya.

Aktivitas Alat Reproduksi

Periode haid dan kehamilan pada wanita biasanya dapat menekan frekuensi buang air kecil, hal ini dikarenakan kelembaban yang cukup ekstra pada saat siklus menstruasi.
Serta pada saat masa kehamilan, rahim akan membesar dan menekan kandung kemih.

Makanan dan Minuman

Alkohol, soda, kafein dan obat-obatan tertentu dapat merangsang seringnya buang air kecil.

Obat-obatan untuk mengatasi darah tinggi biasanya yang paling sering mengakibatkan beser untuk sementara waktu dan akan kembali normal lagi setelah anda sudah berhenti minum obat tersebut.

Faktor Usia

Sering kita jumpai pada orang yang sudah lanjut usia (manula) sering tak bisa menahan buang air kecil.

Hal ini disebabkan otot-otot yang biasanya mengontrol buang air kecil mulai melemah dan tidak bisa bekerja secara optimal seperti saat masih muda.

Solusinya ialah dengan menggunakan pampers dewasa.

Cara Mengatasi Beser

Pola Makan dan Minum

Hindari dan kurangi makanan yang terlalu pedas dan banyak mengandung garam (asin). Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hindari minuman beralkohol, bersoda dan berkafein.

Cukup minum air putih 8 gelas perhari, cara minumnya jangan disekalikan dalam jumblah banyak karena dapat merangsang tubuh untuk buang air kecil.

Senam Kegel

Dengan latihan senam kegel dapat memperkuat otot kandung kemih dan otot panggul. Selain itu, senam kegel dapat membantu mengatasi ejakukasi dini pada pria.

Caranya dengan meregangkan otot sekitar alat vital dan anus secar berulang-ulang selama 15 menit perhari. Bisa dilakukan dalam keadaan berdiri maupun duduk.

Pengobatan Alami

Pengobatan alami bisa menjadi salah satu cara mengatasi sering kencing. Bahan-bahan alaminya meliputi 3 lembar daun jamblang, 2 kulit pohon jamblang serta 1 buah kunyit sebesar jari tangan.

Cara pembuatannya adalah dengan mencuci bersih semua bahan alami tersebut, potong tipis kulit pohon jambang serta kunyit lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa menjadi 3 gelas.

Minum 3 kali sehari setengah gelas setiap kali minumnya, sesudah makan.

Itulah cara mengatasi sering kencing yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

 

(Sumber : forum.liputan6.com & hipwee.com)