SPORTO ENTERTAINMENT
Image Source of travel.kompas.com

Pajajaran Anyar, Hotel Gantung Tertinggi di Dunia yang Akan Jadi Ikon Baru Wisata Purwakarta

Jika sebelumnya hotel gantung hanya ada di Peru, yaitu bernama skylodge dengan ketinggian mencapai 122 meter di atas permukaan tanah. Selain itu, Purwakarta pun akan memiliki hotel yang serupa.

SPORTONEWS.ID  Saat ini, hotel gantung yang akan diberi nama Pajajaran Anyar ini tengah dibangun di atas tebing di ketinggian mencapai 400 hingga 900 meter. Hotel nyentrik ini, disebut-sebut sebagai hotel gantung tertinggi di dunia.

“Hotel dengan ketinggian tersebut, sepertinya belum pernah ada di Asia. Sebelumnya hanya ada di Peru,” ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Hotel ini akan dibangun di tebing Gunung Parang, yang notabene merupakan tebing bebatuan yang menjulang tinggi. Gunung ini sering dijadikan tempat arena panjat tebing oleh para pecinta climbing.

Ada juga pendaki gunung yang sengaja berkunjung ke sini, untuk merasakan sensasi hiking yang berbeda.

Ide perencanaan gunung ini sejak akhir 2001 lalu. Digagas oleh masyarakat hingga pemanjat tebing yang sering bermain di Gunung Parang.

Rencana ini tak terlepas dari skylodge. Namun nantinya, akan beberapa perbaikan desain pada hotel gantung di tepian gunung tersebut.

Meski bangunan hotel ini belum rampung, menariknya sejak awal Juli, hingga saat ini sudah ada sekitar 100 pemesanan kamar, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hotel ini dibangun oleh Badega Gunung Parang, salah satu operator aktivitas outdoor dan pendakian tebing di gunung tersebut.

Hotel tersebut rencananya mulai dioperasikan Oktober 2017 mendatang.

Anda bisa menaikinya lewat banyak akses, salah satunya tangga besi alias via feratta.

Image Source of travel.kompas.com
Image Source of travel.kompas.com

Berikut tata cara pemesanan, teknis penginapan, hingga fasilitas dan keistimewaan Pajajaran Anyar.

Untuk pemesanan, Dhani Daelami selaku penggagas operator Badega Gunung Parang mengatakan bahwa proses booking akan disiapkan secara online di web resminya.

“Kita akan kerjasama dengan beberapa online reservation website dan di website Badega Parang, ke depannya akan dibuatkan sistem pemesanan online sendiri untuk Pajajaran Anyar, nama komplek skylodge kami,” ujarnya pada KompasTravel, Jumat (7/7/2018).

Hotel gantung tersebut akan memiliki fasilitas bak hotel berbintang, dengan tempat tidur nyaman, toilet, pendingin ruangan, jaringan WiFi, hingga sarapan.

Sedangkan untuk fasilitas sarapan atau restoran, pengelola memiliki restoran dalam satu ruangan berbentuk kapsul besar sendiri.

Wisatawan perlu berpindah kapsul, dari kamarnya ke kapsul resto.

“Wisatawan akan melakukan perpindahan menggunakan via feratta, sedangkan untuk turunnya bisa zipline, dan rapelling. Semua cara dikombinasikan dengan aman dan menyenangkan,” sebut Dhani.

Selain dipadukan dengan ragam wisata tersebut, penginapan tertinggi di dunia ini juga akan disempurnakan dengan atraksi wisata lainnya.

Mulai dari transportasi menggunakan kuda tunggang, rumah pohon, sentra wisata kuliner, pemancingan alam, hingga trekking di sawah.

Perlu diketahui, pemandangan yang akan Anda dapatkan di sana sangat beragam.

Kapsul hotel tersebut ditempatkan di beberapa titik yang menyuguhkan pemandangan eksotis dari Gunung Parang.

Antara lain panorama sunrise dam sunset, pesawahan, Kota Purwakarta, dan ragam bentang alam seperti danau dan bukit.

Untuk tarif pertamanya, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi merencanakan tarif terendah Rp 3,3 juta untuk ketinggian 400 meter, hingga Rp 9,9 juta, untuk ketinggian 900 meter.

 

(Sumber : sportourism.id & travel.kompas.com)