SPORTO ENTERTAINMENT
ilustrasi sarapan

Menu Sehat Sesuai Golongan Darah

Perbedaan golongan darah membuat perbedaan jenis makanan yang menguntungkan dan merugikan pada setiap golongan darah

SPORTONEWS.ID  Setiap jenis makanan mempengaruhi metabolisme dan kandungan darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Karena itu ketidakseimbangan daya tahan tubuh dan gangguan pada darah sering menimbulkan penyakit, seperti kegemukan, gangguan system pencernaan, jantung, kanker dan diabetes.

Golongan darah A

Golongan ini rentan terhadap penyakit jantung dan kanker . Makanan yang alami, segar dan organik sangat cocok untuk golongan darah A. Hindari makanan yang berdaging karena akan menyimpannya sebagai lemak yang akan menyebabkan obesitas. Susu juga kurang bagus karena golongan darah A memiliki kadar asam lambung yang rendah. Golongan ini paling cocok menjadi vegetarian.
Makanan dan minuman yang sesuai dengan golongan darah A

Seafood dan ikan : Semua ikan laut seperti salmon, kakap, mackerel, pickerel, gindara. Semua ikan tawar seperti gurame, gabus, patin, lele

 

Golongan Darah B

Kunci utama diet golongan darah B adalah tidak memakan jagung, kacang, gandum dan biji wijen. Golongan darah B dapat meminum berbagai jenis produk susu, asal tidak berlebihan. Susu tidak membuat kegemukan bagi golongan darah ini, justru membuat metabolisme seimbang.
Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi oleh golongan darah B

Menu Makanan Golongan Darah B :

Jagung, kacang, mie Jepang, gandum dan wijen. Sayuran hijau, hati, telur, susu dan segala produknya, teh dengan brown sugar, daging tanpa lemak

Seafood
Ikan laut, seperti gindara, telur ikan, pickerel, halibut, ikan air tawar seperti lele, patin dan ikan gabus

 

Golongan Darah O

Golongan darah O adalah pemakan daging. Dengan kadar asam lambung yang tinggi, memudahkan golongan darah ini untuk mencerna daging. Namun asam lambung yang tinggi tersebut akan menyebabkan gangguan pencernaan sehingga tidak dianjurkan golongan darah O untuk mengkonsumsi semua jenis produk susu. Disarankan untuk meminum teh hijau secara teratur.

Makanan yang bisa menambah berat badan

Ketan, kol, jagung, kacang merah, kecambah, kembang kol

Makanan yang menurunkan berat badan

Hati, daging merah, garam beryodium, sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, katuk, seafood

 

Golongan Darah AB

Golongan darah AB sangat rentan untuk bermasalah dengan berat badan. Sebagai perpaduan antara golongan darah A dan B, sehingga masalahnya cukup kompleks. Golonga darah ini memiliki kadar asam lambung yang rendah, seperti halnya golongan darah A, sehingga bila mengkonsumsi daging akan menyimpannya sebagai lemak. Tapi sebagai perpaduan golongan darah B, secara genetik seharusnya juga mengkonsumsi daging. Jadi bila ingin diet, golongan darah AB dianjurkan tetap mengkonsumsi daging, namun dalam porsi sedikit, dan hindari daging asap yang dapat menyebabkan kanker perut.

Makanan yang bisa meningkatkan berat badan

Daging merah, biji-bijian, mie jepang, kacang merah, jagung, gandum

Makanan dan minuman yang bisa menurunkan berat badan

Nanas, tahu, seafood, susu dan produknya, sayuran hijau

Add comment