SPORTO ENTERTAINMENT
ilustrasi gangguan otak

Kekurangan Vitamin B12 Berhubungan dengan Gangguan Otak

Kekurangan Vitamin B12 Berhubungan dengan Gangguan Otak

SPORTONEWS.ID  Peran vitamin B12 sering disepelakan dan kalah pamor dari vitamin-vitamin lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa vitamin B12 memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan otak?

Dr Rajaprabhakaran Rajarethinam, psikiater dari Wayne State University School of Medicine melakukan penelitian untuk melihat efek kekurangan vitamin B12 pada otak. Ditemukan bahwa mereka yang mengalami demensia dan depresi memiliki kadar vitamin B12 yang rendah.

“Hal ini berlaku bagi orang-orang lansia, di mana mereka yang memiliki demensia, depresi atau bahkan masalah kejiwaan lainnya kekurangan vitamin B12 di otaknya,” tutur Dr Rajarethinam, dikutip dari NY Times.

Ia mengambil contoh salah seorang pasiennya, seorang wanita berusia 66 tahun yang didiagnosis mengidap depresi parah, psikosis dan kehilangan semangat untuk melanjutkan hidup. Pemeriksaan menunjukkan adanya defisiensi vitamin B12 pada otak pasien tersebut.

Dr Rajarethinam melakukan terapi dengan memberikan suntikan vitamin B12. Setelah beberapa pekan, pasien tersebut mengalami perbaikan kondisi di mana depresinya tidak sering kambuh dan memiliki gairah hidup yang tinggi, berbeda dengan sebelumnya.

Penelitian lain yang dilakukan Dr Helga Refsum, pakar nutrisi dari University of Oslo, mengatakan vitamin B12 melindungi bagian otak yang berkaitan dengan memori dan perilaku. Konsumsi vitamin B12 menurutnya dapat mengurangi kerusakan otak akibat Alzheimer sekaligus memperkecil risiko terjadinya pengecilan sel-sel di otak.

Dr Helga mengatakan , 10-30 persen orang yang berusia di atas 50 tahun memiliki gangguan pencernaan yang membuat lambung tidak bisa melepaskan vitamin B12 dari makanan. Hal ini menyebabkan berkurangnya kadar vitamin B12 dalam tubuh yang terbukti memengaruhi otak.

Selain lansia, kelompok lain yang rentan mengalami kekurangan vitamin B12 adalah vegetarian. Vegetarian sulit mendapat vitamin B12 yang sumber utamanya berasal dari daging hewan. Mereka yang memiliki gangguan lambung, penyakit kolik serta penyakit Crohn juga diketahui rentan mengalami kekurangan vitamin B12.

(cah/detik.com)

3 comments