SPORTO ENTERTAINMENT
Image Source of indonesia-tourism.com

Kecantikan Pulau Pari dan Mitos Pantai Pasir Perawannya

Bagi Warga Jakarta dan sekitarnya nama Pulau Pari sudah tidak asing terdengar ditelinga, tempat wisata yang masuk dalam Gugusan Kepulauan Seribu di Utara Jakarta ini memang memiliki Panorama Pantai yang sangat cantik.

SPORTONEWS.ID  Pulau Pari sendiri termasuk spot terbaik untuk berwisata sambil bersantai menikmati Sekeliling pulau yang masih asri.

Pulau tersebut juga terbilang masih belum banyak dikunjungi para wisatawan, paling hanya beberapa wisatawan yang mengunjungi Pulau tersebut.

Percaya atau tidak, bila anda lihat pulau tersebut dari udara, bentuknya persis seperti Ikan Pari sehingga pulau tersebut dinamakan Pulau Pari.

Pulau tersebut juga memiliki air Pantai yang sangat tenang yang disebut juga dengan Lagoon.

Kedalaman dari Lagoon tersebut dapat mencapai 5 meter dan yang lebih cantiknya lagi Lagon tersebut dikelilingi oleh pulau – pulau kecil dan batuan karang.

Pesisir pantai Pulau Pari yang dikenal dengan pantai Pasir Perawan.

Di sekitar Pantai tersebut banyak ditumbuhi pohon bakau yang lebih mempercantik panorama Pantai.

Salah satu keistimewaan dari Pulau Pari adalah mampu menyerap dan menampung air hujan pada cekungan yang terdapat di pulau tersebut.

Sehingga Air yang terdapat di Pulau Pari menjadi Tawar, tidak seperti pulau – pulau disekitar Pulau Pari yang hanya memiliki kualitas air Payau saja.

Untuk itu di Pulau Pari banyak dijumpai pohon – pohon yang biasanya tumbuh didaerah dataran Tinggi seperti Pohon Mangga, Pohon Pepaya, Pohon Pisang, Pohon Pinus, Pohon Jambu, dan lain sebagainya.

Di sekitar Pulau yang pantainya berpasir putih dan berair bening kehijauan ini, Anda juga dapat menemukan pemukiman penduduk yang menghuni pulau tersebut.

Karena Pulau Pari ini bukan hanya sebagai tempat wisata saja, tetapi juga dibadi menjadi 2 bagian yaitu Pari bagian timur, dan Pari bagian barat, adalah kawasan pemukiman penduduk.

Sedangkan pada Pari bagian timur memang dikhususkan sebagai tempat wisata, dimana Anda dapat melihat kekayaan hayati ekosistem laut dan juga rumah konservasi untuk Rumput Laut.

Di Pulau Pari ini anda dapat menginap di homestay miliki penduduk atau dapat juga mendirikan tenda di pesisir pantai.

Anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan makanan di pulau tersebut, bagi anda yang bermalam dengan menyewa Homestay dapat memesan makanan kepada pemilik homestay.

Bagi yang melakukan camping dapat juga membeli makanan atau memesan kepada penduduk disana dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk menikmati keindahan panorama pulau yang berada di tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta ini, Anda dapat melakukan berbagai aktifitas disana seperti Menyelam, Snorkeling, Diving, Berenang, atau berjalan menyusuri pantai yang berpasir putih.

Anda juga dapat mengelilingi pulau tersebut dengan menggunakan sepeda yang khusus disewakan di pulau tersebut.

Mitos Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan mempunyai mitos yang dipercaya sebagian penduduk disana. Konon katanya dulu ada seorang anak gadis yang bermain disekitar pantai sebelah utara pulau pari.

Setelah sekian waktu ternyata tiba-tiba gadis itu menghilang entah kemana.

Warga coba mencari keseluruh pelosok pulau namun tidak ditemukan. Tempat gadis terakhir tersebut menghilang inilah yang kemudian diberi nama Pantai Pasir Perawan atau Pantai Perawan.

Pantai Pasir Perawan mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak ramainya wisata pulau pari. Hingga saat ini pantai pasir perawan masih menjadi andalan objek wisata di pulau yang menyerupai pari ini.

 

(Sumber : piknikdong.com & nusaindahtravel.com)