Teror Bom Tak Pengaruhi Pelaksanaan Asian Games 2018

By: Mahpud H
Selasa 15 Mei 2018, 14:20:17
408
Ragam

Sportonews.id - Rangkaian bom yang terjadi di Surabaya, ternyata tidak berpengaruh terhadap penyelengaraaan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Hingga saat ini tidak ada satu pun negara peserta  yang menyatakan menarik diri dari Asian Games. 

"Sejauh ini belum ada satu pun negara peserta yang mundur dari Asian Games akibat teror bom. Kami siap menjelaskan dan menjamin keamanan mereka selama event berlangsung," ujar Ketua Panita Penyelenggara Asian Games (INAPGOC), Erick Thohir kepada media di Kemenpora, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, seluruh negara peserta merupakan negara yang cinta perdamaian. Apalagi, mereka menyadari Asian Games  bukan hanya untuk ajang mencari prestasi saja, tapi juga untuk menciptakan perdamaian dan mengeratkan persaudaraan di dunia. 

"*Kami percaya pemerintah dan kepolisian akan terus berupaya menjaga keamanan dan perdamaian di Indonesia

Kami mohon dukungan dari masyarakat indonesia untuk menjaga keamanan negara apalagi Asian Games 2018 hanya tinggal 96 hari," ujar Erick. 

Hal senada dilontarkan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari. Menurutnya, negara peserta Asian Paragames juga belum ada yang menyatakan menarik diri atau mundur pasca peledakan bom di Surabaya."Sampai saat ini belum ada negara peserta  yang menyatakan mundur. Mungkin mereka menyadari Asian Paragames digelar juga untuk kemanusiaan dan perdamaian," kata pria yang akrab disapa Okto ini. 

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi  yakin teror bom di Surabaya tidak akan menghambat kesuksesan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada dua ajang multievent terbesar di benua Asia tersebut. "Kita tadi sudah rapat dan memastikan bahwa Asian Games dan Asian Paragames tetap berjalan sesuai rencana. Bersama INASGOC, INAPGOC, dan segenap masyarakat Indonesia, kami juga tetap yakin, optimis, dan percaya diri dengan persiapan yang sudah dilakukan segenap panitia penyelenggara untuk menjadi tuan rumah yang baik," kata Imam. 

Ia menambahkan bahwa teror bom yang melanda Surabaya, tidak membuat pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games dan Asian Paragames untuk mundur. "Kita akan terus memaksimalkan persiapan ini dan tidak ada istilah kami mundur. Karena bagi kita semua, ini adalah amanah dari seluruh warga bangsa untuk melaksanakan Asian Games dan Asian Paragames. Tentunya dalam hal keamanan dan kenyamanan kita juga akan berkerjasama dengan pihak-pihak terkait demi suksesnya penyelenggaraan," jelas Imam. 

Imam juga mengharapkan dukungan doa dari segenap masyarakat Indonesia agar terciptanya kesuksesan penyelenggaraan, seraya memberikan kepercayaan kepada dunia internasional yang nasional bahwa Indonesia layak menjadi tuan rumah. 


...