SPORTO ENTERTAINMENT
sempu

Destinasi Wisata Pulau Sempu Yang Memikat Hati di Malang

SPORTONEWS.ID   Destinasi Wisata Pulau Sempu yang Memikat Hati di Malang adalah salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Pulau ini memiliki daya tarik utama yang memikat, yakni Laguna Segara Anakan ialah nama sebuah pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih dan memiliki luas 4 ha. Air di Laguna ini adalah air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang.

Secara dominan tempat ini ditumbuhi oleh pepohonan tropis seluas 877 ha, ini adalah sebuah cagar alam yang langsung dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Dengan menikmati wisata di Pulau Sempu, Anda akan mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan di hati. Mengunjungi Laguna, lalu membentangkan kemah untuk bermalam di tepi pantainya tersebut akan menghadirkan suasana intim di tengah hutan tropis yang lebat. Berenang di air laguna yang tenang serta bermain-main di tepiannya adalah kegiatan menarik yang tak terlewatkan.

Destinasi wisata Malang secara administratif adalah bagian dari Desa Tambak Rejo, Kec. Sumbermanjing Wetan. Untuk dapat sampai di Pulau Sempu, Anda harus tiba terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru, Malang. Dari pantai Sendang Biru Anda dapat mengurus izin masuk, lalu menyewa perahu yang akan mengantarkan Anda tiba di kawasan wisata Pulau Sempu.

Untuk sampai ke Pulai Sempu harus menempuh perjalanan   kurang lebih 2 hingga 3 jam yang menembus hutan lebat dan melewati jalan yang curam, hingga akhirnya sampai di laguna. Ini adalah kawasan hutan tropis yang dipenuhi pepohonan lebat. Berkemah di pinggiran laguna, bersantai, bermain dan berenang, serta menikmati panorama sekitar adalah bagian dari sejumlah kegiatan menarik di tempat yang terpencil tersebut.

Jika sudah sampai Anda dapat mengunjungi beberapa tempat-tempat menarik di Pulau Sempu, di antaranya Pantai Waru-waru, Telaga Lele, Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, dan Pantai Fresh Water. Kesemuanya akan menyuguhkan kepada Anda sebuah petualangan alam yang begitu mengesankan.

Biaya untuk sewa perahu ke Pulau Sempu ini sebesar Rp 100 ribu, sudah termasuk perjalanan pulang-pergi. Perahu ini mampu membawa penumpang hingga 12 – 15 orang. Dari pantai Sendang Biru, perjalanan lewat perahu ke Pulau Sempu akan memakan waktu perjalanan selama 20 – 25 menit.

Jika Anda tidak berencana untuk berkemah, maka jangan lupa untuk kembali ke titik penjemputan pada waktu yang sudah disepakati agar nelayan yang mengantarkan Anda dapat membawa Anda kembali ke pantai Sendang Biru. Anda disarankan untuk bertukar nomor telpon dengan nelayan guna menjamin koordinasi penjemputan yang lancar.

(Belky/sportonews.id)